Kesehatan

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan dan Diet Super Cepat

Beras merah sering digunakan sebagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan serta bagi penderita diabetes. Beras merah memang termasuk ke dalam jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Beras merah biasa di makan seperti nasi putih yang umumnya dikonsumsi orang Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, penduduk Indonesia mulai menyadari keunggulan beras merah dibandingkan beras biasa yang digunakan sebagai makanan pokok. Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih. Berikut ini akan saya kupas tuntas mengenai kandungan dan manfaat beras merah.

tips-memasak-beras-merah-agar-pulen-dan-tidak-keras.jpg

Kapan Anda Harus Konsumsi Beras Merah ?

  1. Ketika sedang diet.
  2. Menghindari diabetes
  3. Sudah terkena diabetes
  4. Mengalami penyakit jantung
  5. Mencegah penyakit jantung
  6. Menurunkan kolesterol
  7. Meningkatkan HDL.

Mengapa beras merah efektif untuk beberapa keluhan di atas ? nah pada artikel ini kita akan ulas secara mendetil. Banyak alasan mengapa anda harus menganti beras putih anda menjadi beras merah. Selain untuk menjaga kesehatan, tentu nutrisinya sangat penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh.

Selanjutnya, mari kita simak berbagai kandungan gizi dan nutrisi serta mitos mengenai beras merah.

Kandungan Gizi pada Beras merah

Sebagai salah satu jenis makanan pokok kandungan beras merah memberikan sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Namun mengapa beras merah ini berbeda dengan sumber karbohidrat lain? Sumber karbohidrat kompleks dari beras merah ini, membuatnya lebih unggul. Selain itu beras merah mengandung sejumlah nutrisi lain juga terkandung di dalamnya.

Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase ((livestrong.comBrown Rice Nutrition Facts, diakses 04 Februari 2015))

  • Karbohidrat – 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
  • Magnesium, fosfor dan kalsium – untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  • Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Info Seputar Beras Merah

Manfaat beras merah telah beredar luas di masyarakat yang ada di Indonesia, berikut adalah beberapa klaim yang diyakini masyarakat mengenai beras merah.

  • Beras merah untuk orang diabetes
  • Beras merah untuk diet
  • Beras merah untuk kesehatan jantung
  • Beras merah tidak enak di makan.

Terkait beberapa informasi di atas, memang ada berbagai info yang cukup akurat mengenai khasiat beras merah, namun apakah benar seperti ibut ? Berikut ini adalah manfaatnya secara detil.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat badan

Banyak orang yang sudah banyak merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Bagaimana beras merah melakukannya?? Kandunga karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar. Jika mengkonsumsinya ditambahkan juga dengan manfaat buah apel pada menu makanannya, program diet pun akan menghasilkan bentuk tubuh yang indah dan sangat efektif.

2. Sehat Untuk Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.

3. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes

Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya beralih ke beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

4. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

5. Mencegah terjadinya batu empedu

Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

6. Sumber antioksidan

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.

8. Kemungkinan dapat mencegah kanker

Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada beras merah ? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat beras merah cukup baik untuk kesehatan, terutama bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, diabetes, dan menjaga kesehatan jantung.

Semoga bermanfaat 😘

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s